Trending
Loading...

Vedio Online

 citramovie.net

Rabu, 10 Agustus 2016

Cara Memperbanyak Merangsang Keluarnya ASI Saat Hamil


Merangsang keluarnya ASI saat hamil sangat perlu dilakukan demi mempersiapkan asupan ASI bagi si buah hati. Terkadang ibu yang akan melahirkan merasa sedikit khawatir dengan produksi ASI nya apakah mencukupi untuk bayinya nanti atau tidak. Oleh sebab itulah, persiapan sebelum menyusui sangatlah penting. Pada dasarnya, Setelah ibu hamil melahirkan, Air Susu Ibu (ASI) biasanya langsung bisa dikeluarkan sehingga ibu bisa langsung melakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD).

Meski demikian, ada anggapan bagi ibu muda bahwa ASI bisa langsung keluar secara tiba-tiba. Padahal mekanismenya bukanlah seperti itu. ASI akan keluar ketika puting payudara ibu mendapatkan rangsangan dari mulut bayi. Rangsangan ini akan membuat hormon oksitosin meningkat dan payudara mengeluarkan ASI. Meskipun demikian, hendaknya ibu hamil mempersiapkan diri agar kondisi setelah melahirkan dapat berjalan dengan lancar. Salah satu hal yang harus dipersiapkan di masa kehamilan adalah air susu.

Tidak jarang, ketika baru melahirkan air susu tidak keluar, hal ini disebabkan oleh perawatan yang kurang selama masa kehamilan. Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk Merangsang keluarnya ASI saat hamil sehingga setelah melahirkan, anda dapat menghasilkan asi yang cukup baik dan lancar. Salah satunya adalah dengan melakukan perawatan payudara.

Perawatan payudara sangat penting dilakukan di masa kehamilan. Perawatan ini berfungsi untuk merangsang kelenjer susu untuk memproduksi air susu nantinya agar air susu banyak. Jika Anda tidak melakukan perawatan terhadap payudara di masa kehamilan ini akan menimbulkan kasus air susu tidak keluar setelah Anda melahirkan. Pada usia kehamilan di bawah 3 bulan perawatan dapat dilakukan dengan memijat puting susu secara perlahan. Hal ini berfungsi untuk membuat puting susu menonjol keluar. Pada usia kehamilan 4 sampai 9 bulan lakukanlah pijitan minimal 10 menit per hari dengan menggunakan minyak kelapa. Pijitan ini berfungsi untuk merangsang kelenjer susu agar berproduksi, selain itu untuk membersihkan kotoran yang mungkin ada di payudara dan puting susu Anda.

Selain perawatan payudara, Anda juga perlu mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi serta imbangi dengan konsumsi beberapa multivitamin penambah zat besi dan fosfor sebagai usaha untuk Merangsang keluarnya ASI saat hamil.

Ketika Anda sudah bertekad untukmemberikan ASI kepada anak ternyata begitu banyak faktor yang bisa menurunkan produksi ASI bahkan terkadang hingga benar-benar kekurangan.  Sebenarnya banyak sekali cara memperbanyak ASI, Anda hanya perlu mencari, bertanya dan menerapkannya dengan benar. Berikut adalah kumpulan beberapa tips dan saran yang diberikan oleh ahli medis maupun mereka yang telah berpengalaman dan sukses memberikan ASI kepada bayinya.

A. Kenali sebabnya

Kurangnya produksi ASI disebabkan oleh berbagai hal. Dari faktor psikologis, cara dan posisi menyusui hingga tentang jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Kondisi psikologis ibu berperan cukup besar, dimana motivasi dan dukungan dari lingkungan sekitar benar-benar dibutuhkan. Kondisi ini seperti ketidak yakinan akan kemampuan memberikan ASI secara eksklusif, stress, depresi, kurang tidur dan kelelahan.
Cara menyusui bayi meliputi berbagai tekhnik dan posisi. Seperti posisi mulut bayi pada puting dan areola, ketika mulut bayi tidak mencapai lactch on maka kemungkinan ASI yang tersedot kurang maksimal sehingga menyebabkan produksi menurun.
Beberapa makanan dan minuman dipercaya mampu meningkatkan produksi ASI jika dikonsumsi secara teratur.

B. Cari solusinya

Solusi untuk semua masalah ini adalah sangat dekat. Apalagi dengan semua perkembangan tekhnologi informasi saat ini, dalam kondisi adna tidak mendapatkan dukungan penuh dari keluarga besarsekalipun, Anda akan mendapatkannya dari teman-teman dan juga anggota komunitas pendukung  ASI. Manfaatkan internet semaksimal mungkin untuk mendapatkan berbagai solusi dari masalah-masalah pemberian ASI.  Ini bahkan lebih mudah dibandingkan membaca buku teks tebal tentang ASI.

C. Konsultasi pada ahli

Jika semua solusi mandiri yang Anda usahakan dalam berbagai cara memperbanyak ASI belum memberikan hasil cukup signifikan, Anda bisa menghubungi beberapa tenaga medis untuk membantu Anda. bahkan di beberapa kota saat ini telah banyak berkembang klinik pendukung pemberian ASI eksklusif yang disediakan untuk para ibu muda. Disana Anda bukan hanya mendapatkan konsultasi, namun juga beberpa pelatihan untuk hal-hal seperti posisi menyusui, cara memerah ASI dan cara memberikan ASI perahan kepada anak.

0 komentar:

Copyright © 2012 Hudup Sehat Keluarga 69 All Right Reserved
Designed by Odd Themes - Published By Gooyaabi Templates
Back To Top